Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana

IMG-20170719-WA0027Natural Aceh bersama berbagai anggota Forum PRB Aceh mengadakan Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana yang difasilitasi IOM DRR Aceh di Hotel the Pade Aceh Besar, Rabu (19/7/2017). Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBA, Ir Yusmadi MM. Hadir dan memberikan sambutan perwakilan IOM Indonesia, Celia Finch didampingi Koordinator IOM DRR Aceh, M Madya Akbar.

 

 

IMG-20170719-WA0045Celia yang bertugas pada Unit Emergency IOM Indonesia menyambut baik kegiatan seperti ini karena menjadi bagian dari kesiapsiagaan menghadapi keadaan darurat bencana. Sementara itu Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin melaporkan kegiatan itu diikuti pelaku usaha dari lembaga keuangan/perbankan, sektor industri, sektor jasa, media massa, perusahaan otomotif, perhotelan, dan sejumlah unsur lainnya. Workshop selain diisi dengan diskusi antara sesama pelaku usaha juga pemaparan materi dan pengalaman pada masa tanggap darurat bencana oleh empat narasumber utama.

 

IMG-20170719-WA0013Pemateri pertama menampilkan Kalak BPBD Pidie Jaya, M Nasir SPd mewakili Ketua Satgas Tanggap Darurat Gempa Pijay. Dilanjutkan materi menyangkut kebijakan Pemerintah Aceh dalam penanggulangan bencana oleh Kalak BPBA diwakili Mukhsin Syafi’i M.Si, Ketua Forum CSR Aceh Ansyari (Bank BTN), dan Yarmen Dinamika mewakili unsur pers/media massa.┬áPamaparan materi yang dirangkai dengan diskusi tersebut dimoderatori Wakil Ketua Forum PRB Aceh, Ir TM Zulfikar MP.

 

 

IMG-20170719-WA0075Sekretaris BPBA, Drs Lukfandi MM menilai Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan tersebut berjalan sukses.Lukfandi yang juga anggota Dewan Pakar Forum PRB Aceh mengatakan, melihat suksesnya Workshop Sinergitas Dunia Usaha dalam Penanggulangan Bencana maka disarankannya agar hasil workshop tersebut dapat direkomendasikan masuk RPJM Aceh 2017-2022. Selain itu, perlu diperbanyak workshop lainnya seperti Workshop Pemberdayaan Masyarakat dan Relawan dalam PRB, Workshop Sinergitas Program PRB Antar-instansi Pemerintah Tingkat Provinsi dalam Membangun Masyarakat Aceh Tahan Bencana. Berikutnya perlu juga dirancang Workshop Sinergitas Program PRB antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

IMG-20170719-WA0066Wakil Ketua Forum PRB Aceh, Dr Muslem Daud MEd sependapat dengan Sekretaris BPBA. Muslem berharap agar semua unsur yang berhimpun dalam Forum PRB Aceh yang punya akses atau duduk di dinas jajaran Pemerintah Aceh untuk memasukkan kegiatan yang bisa dilaksanakan dengan Forum PRB. Pada sesi diskusi kelompok pelaku usaha yang dipandu Dr Muslem Daud MEd (Wakil Ketua Forum PRB Aceh) mencuat berbagai cerita unik dan pengalaman berharga saat mereka terlibat dalam proses bantuan tanggap darurat maupun rehab rekons di berbagai zona bencana.

 

IMG-20170719-WA0103Dalam diskusi itu juga didata berbagai potensi dan program dari masing-masing pelaku usaha termasuk peluang kerja sama dengan Forum PRB Aceh dalam hal pengurangan risiko bencana. Natural Aceh sendiri sebagai bagian dari kepanitiaan dan Forum PRB Aceh masuk dan menfasilitasi grup Jasa Logistik yang beranggotakan perusaahan Garuda Indonesia, JNE, Bulog dan Angkasa Pura II. M Dedy Jumady selaku ketua Panitia melaporakan bahwa meski belum secara tertulis tetapi pelaku usaha berkomitmen untuk tetap terlibat dalam penanggulangan bencana, baik pada fase pra, saat, dan pasca sesuai dengan kapasitas mereka. Pertemuan tidak berhenti sampai di sini, akan ada diskusi-diskusi lanjutan dalam semangat sinergitas.

IMG-20170719-WA0079