Simulasi bencana gempa di Pantai Lamteungoh

IMG-20170722-WA0146Organisasi perempuan Muhammadiyah, ‘Aisyiyah Aceh melaksanakan simulasi bencana gempa yang dipusatkan di Pantai Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, yang  merupakan salah satu kegiatan mengisi peringatan milad 1 abad ‘Aisyiyah. Simulasi yang melibatkan pengurus dan keluarga besar ‘Aisyiyah dipandu oleh relawan yang berhimpun dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh. Natural Aceh sebagai salah satu anggota Forum PRB Aceh mengirimkan 3 orang relawan sebagai pendamping dan pemandu kegiatan bersama organisasi dan komunitas lainnya yang tergabung dalam Forum PRB Aceh.

 

IMG-20170722-WA0084Ketua Panitia Milad 1 Abad ‘Aisyiyah, Dr Harbiah A Gani menambahkan, simulasi bencana gempa diawali dengan bakti sosial bersih pantai. Menurut Harbiah, dalam simulasi itu diskenariokan terjadi gempa ketika keluarga besar ‘Aisyiyah sedang bakti sosial bersih pantai. “Tiba-tiba terjadi gempa dan kepanikan,” kata Harbiah didampingi Wakil Ketua I ‘Aisyiyah Aceh, Hj Nurhayati RA SH.

Dalam situasi panik itu, peserta simulasi berusaha melakukan penyelamatan diri termasuk membantu anak-anak, kelompok rentan (lansia), perempuan, dan ibu hamil. Semua dikumpulkan ke titik aman dan dilakukan pendataan jumlah korban untuk dievakuasi ke rumah sakit. Ending simulasi adalah saat mendapat informasi dari BMKG bahwa gempa yang mengguncang pesisir Aceh tidak berpotensi tsunami. Saat itu langsung terdengan ucapan takbir dan puji syukur dari semua peserta simulasi.

IMG-20170723-WA0046Pada sesi penutup kegiatan, Ketua Umum ‘Aisyiah Aceh bersama Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Milad 1 Abad ‘Aisyiah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat termasuk kepada Forum PRB Aceh yang sudah mendampingi sejak awal. “Dengan persiapan yang tidak sampai dua hari kita sudah melakukan sesuatu yang luar biasa. Kami mohon maaf apabila peran kami masih banyak yang tidak sesuai dengan skenario, maklum kita semua panik,” kata Harbiah dengan nada guyon.

IMG-20170722-WA0193Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin menyampaikan apresiasi kepada ‘Aisyiah yang menurutnya telah melakukan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, termasuk internal ‘Aisyiah. “Kita akan sama-sama mengevaluasi berbagai kekurangan kegiatan ini, insya Allah kita akan sempurnakan pada kegiatan yang akan datang, semoga kita bisa terus bekerjasama,” kata Nasir didampingi Wakil Ketua Forum PRB Aceh, Ir TM Zulfikar MP yang ikut menyaksikan jalannya simulasi yang diarahkan Sekretaris dan Wakil Sekretaris Forum PRB Aceh, Hasan Bangka dan Fachmi Ibrahim.

Sejumlah unsur Pengurus Forum PRB Aceh, di antaranya Zainal Abidin Suarja (Natural Aceh), Adnani Ilyas, M Noor, Sayed Yunus, Erwinsyah ‘Bebem’ RAPI selain terlibat sebagai tim pengarah juga pelakon simulasi bencana tersebut.