Riset Pengetahuan Masyarakat tentang Mangrove

IMG_5309Sebanyak 27 orang dari 50 calon peserta internship di lembaga riset natural aceh mulai melakukan pengumpulan data riset tentang pengetahuan dan keterlibatan masyarakat pesisir dalam restorasi Mangrove di Gampong Alue Naga Banda Aceh sejak 11 Juni hingga beberapa hari kedepan. Total ada 78 wanita pencari tiram di gampong Alue Naga yang akan disurvey ke rumahnya terkait keberadaan mangrove disekitar lingkungan gampongnya. Para peserta internship ini berasal dari 3 perguruan tinggi yaitu Universitas Syiah Kuala, UIN Ar Raniry dan Universitas Serambi Mekkah yang berasal dari berbagai program studi di ketiga kampus tersebut dan memiliki kemampuan, pengalaman dan ketertarikan terhadapĀ  bidang ekosistem, konservasi dan perubahan iklim.

IMG_5289Para internship tersebut dibagi menjadi 5 grup yang akan melakukan pengumpulan data dalam bentuk wawancara terbuka terkait pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait mangrove. Ellena Yusti, M.Si Program Manager Restorasi Mangrove Alue Naga mengatakan Hasil dari pengolahan data ini akan dijadikan sebagai basis data awal untuk kegiatan selanjutnya. Pada tanggal 2-3 Juli akan dilakukan workshop full day terkait inisasi dan sosialiasi restorasi mangrove terhadap masyarakat Alue Naga tersebut dengan hasil data yang telah didapatkan oleh para intern ini. Pada tanggal 4 Juli akan dilakukan penanaman bibit mangrove di lokasi yang telah dipilih. Semua kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis, sehingga jika ada yang ingin terlibat diharapkan jangan ragu untuk menghubungi Lembaga Riset Natural Aceh.

IMG_5287Geuchik Alue Naga Zulkifli mengharapkan ada tindak lanjut dari riset yang dilakukan oleh Natural Aceh ini. Aksi nyata dalam bentuk pelatihan dan workshop sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu pencari tiram yang setiap hari bersinggungan dengan bakau. Ibu Yusniar, Kadus Dusun Podiamat yang selama survey mendampingi para intern juga berharap workshop nanti yang akan dilakukan dapat memberikan pengetahuan yang menguntungkan bagi seluruh petani tiram di Gampong Alue Naga.

Untuk lokasi workshop ini, Natural Aceh akan bekerja sama dengan salah satu mitra dari perguruan tinggi yang aka menjadi host kegiatan. Paling Sedikit 100 peserta yang berasal dari komunitas pesisir dan akademisi akan menghadiri kegiatan ini.