Internship Mangrove

internshipSejak tanggal 30 Mei sampai 4 Juni 2017. Lembaga Riset Natural Aceh membuka kesempatan magang (internship) pada program Mangrove yang akan dilakukan di Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh. Pembukaan lowongan ini sebagai salah satu wujud kepeduliaan dan kerjasama Natural Aceh terhadap lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi serta sebagai program pengembangan kapasitas para mahasiswa secara praktikal di lapangan. Selama magang para mahasiswa atau alumni bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak hal. Mereka juga akan menambah pengalaman yang suatu hari nanti bisa dipaparkan dalam surat lamaran kerja ketika mencari pekerjaan.

 

IMG_3930Untuk Lowongan ini, Natural Aceh meminta para pelamar adalah mahasiswa/alumni yang mempunyai ketertarikan terhadap bidang lingkungan, pesisir, mangrove dan perubahan iklim. Mereka diminta mengirimkan CV dan foto KTM ke internship@naturalaceh.or.id. Para aplikan yang lulus administrasi akan dipanggil untuk mengikuti sesi wawancara untuk kemudian akan dibagi per grup sesuai perbedaan dan karakteristik masing-masing.

 

IMG_3943Menjadi internship memang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Namun di situlah mahasiswa dilatih untuk membagi waktunya dengan baik. Jadi selain melatih kemampuan tertentu, mahasiswa bisa menjadi seseorang yang lebih disiplin ketika magang. Natural Aceh berharap para aplikan nanti memahami praktikal dengan pekerjaan yang ingin dimiliki nanti. Jadi magang adalah cara yang tepat untuk mengasah kemampuan.

 

19050532_120184728569948_767495584754958336_nPembelajaran dari kelas pun bisa dipraktikkan di lapangan. Selain itu diharapkan selama sebulan para internship dapat  menemui banyak orang baru. Itulah kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk menambah jaringan. Dengan demikian mahasiswa punya koneksi yang lebih banyak untuk dimintai bantuan ketika nantinya membutuhkan pekerjaan. Dan yang paling penting,  termasuk salah satu aktivitas yang dihargai oleh perusahaan bagi pelamar kerja. Jika mahasiswa mencantumkan aktivitas magang yang dilakukannya, tentu mereka mendapatkan nilai plus dari situ.

 

IMG_3950Para aplikan yang lulus akan melakukan riset dan penelitian terhadap pengetahuan masyarakat Alue Naga terhadap keberadaan mangrove di sekitar desanya, melakukan riset jenis mangrove, serta mencari lokasi penanaman yang paling ideal di gampong tersebut. Masing-masing internship juga akan diminta mendampingi 3 orang ibu pencari tiram di gampong yang bersangkuta pada workshop selama 2 hari tentang restorasi manggrove dan diakhir masa intern-nya, bersama-sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat gampong akan melakukan penanaman ribuan batang bibit mangrove di gampong alue naga.

Setelah melalui proses seleksi, dari 50 aplikan yang mengajukan diri berikut 27 intern yang lulus dan akan bekerja di program restorasi mangrove Alue Naga. (Klik Disini)

Nantikan info terbaru untuk internship program Kelelawar di Instagram